5 Contoh dari Aplikasi New Media
5 Contoh Aplikasi dari New Media
1. Youtube
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.[5] Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan juga ada dalam situs ini.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube.[6] Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
Kekurangan:
1. Apabila koneksi internet kita lagi lama atau lemot,maka dalam mengambil video di youtube pun akan terganggu dan mungkin kita akan menunggu terlalu lama
2. Video didalam youtube umumnya memiki ukuran atau kapasitas sangat besar.
3. Youtube tidak menyediakan aplikasi pengambilan video di websitenya,sehingga kita harus mencari aplikasi lain seperti keepvid dan youtube downloader
4. Youtube menyediakan fasilitas upload video bagi siapa saja,sehingga disini dapat disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Contohnya saja upload video porno dan video tentang penghinaan terhadap golongan tertentu.
Kelebihan:
1. Dengan youtube kita bisa melihan dan mengambil berbagai video yang belum kita lihat di TV sebelumnya,sehingga kita tidak melewatkan informasi maupun infotaiment.
2. Didalam youtube terdapat menu “search” sehingga apabila kita masukan nama atau jenis video yang mau diambil maka secara otomatis dan cepat akan muncul video yang kita inginkan.
3. Di youtube terdapat berbagai jenis format video yang bisa kita pilih sesuai dengan aplikasi pemutar video yang kita punya.
4. Gambar video di youtube sudah bagus shingga kita nyaman dan jelas apabila kita menontonya.
Manfaat:
1. Selain itu Youtube juga bisa menjadi ladang uang bagi pengupload video ke Aplikasi tersebut dengan Adsense.
2. Mempromosikan Perusahaan/Produk
3. Menontot Berita yang terlewat
Fitur:
1. Mengupload Video Gratis
2. Bisa mendownload Video dengan gratis
3. Mengatur Kecepatan dan Resolusi Video
2. Twitter
Berikut adalah Kelebihan dari media Sosial Twitter :
-Alat komunikasi yang cepat dan tanggap.
-Semua orang bisa mengikuti orang lain, kecuali diblokir.
-Tak perlu log in untuk mendapatkan update, karena bisa menggunakan pembaca RSS.
-Navigasi yang mudah dan tampilan yang sederhana.
-Pengguna yang memiliki banyak pengikut, berpotensi mendatangkan iklan, -sehingga bisa menguntungkan penggunanya.
-Bisa mengganti tema, background, maupun warnanya.
-Bebas dari banner iklan
-Mudah dinavigasi dan memperbarui, �link to� dan mempromosikan apapun.
-Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
-Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
-Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
-Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
-Banyak aplikasi lain maupun widget yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
-Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
-Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
-Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya
Berikut adalah kekurangan dari Twitter :
-Banyak akun yang kosong dan tidak aktif , atau dengan kata lain merupakan akun percobaan yang dibuat dan tidak pernah digunakan. Hal ini dapat memenuhi memori database pada server Twitter.
-Batasan karakter posting hanya 140 karakter. Jika ternyata postingan blog yang akan di-twitter-kan memiliki jumlah karakter judul dan permalink yang melebihi 140 karakter ,maka kita harus menggunakan fasilitas url shortener untuk memperpendek jumlah karakter permalink.
-Tampilan terlalu sederhana , tidak seperti Facebook yang memiliki tampilan modis dan elegan.
-Tidak memiliki fitur Chat seperti Facebook.
-Mudah disalahgunakan untuk melakukan spam.
-Belum jelas bagaimana strategi monetisasinya.
-Tidak bisa mengelompokkan mana teman, keluarga, atau orang lain.
-Tidak dapat menulis informasi profil lengkap pemiliknya.
-Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
-Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
-Lebih menekankan pada penghitungan follower
-Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
Fitur Twitter :
1. Fitur @ digunakan untuk memberi pesan atau twit kepada pengguna lain. Fitur ini merupakan fitur yang harus digunakan saat memberi twit kepada orang lain. Untuk memberi twit yang hanya sebagai pemberitahuan dari pengguna, pengguna tidak harus menggunakan fitur ini.
2. Membalas Pesan (RT Retweet)
Fitur ini bisa digunakan untuk membalas twit yang disampaikan oleh pengguna lain serta digunakan untuk menyampaikan ulang pesan yang terdapat pada halaman kita. Cara penggunaan yaitu dengan menekan fitur RT pada twit yang ingin dibalas atau ingin ditulis ulang. Contohnya: RT @tora152: hai teman apa kabar?.
3. Favorit (Fav)
Fitur ini dapat digunakan bila pengguna menyukai satu atau beberapa twit yang ditampilkan pada halaman utama pengguna. Untuk melakukan kegiatan ini cukup dengan mengeklik fitur fav pada twit yang disukai.
4. Pesan Pribadi (DM)
Fitur ini digunakan untuk memberi pesan pribadi kepada pengguna yang ingin dituju. Cara penggunaannya adalah dengan mengeklik fitur DM maka secara otomatis akan muncul kotak kecil tempat pengguna dapat menulis pesan pribadi.
5. Hapus (del)
Fitur ini digunakan untuk menghapus twit yang pernah disampaikan oleh pengguna atau twit yang terdapat nama pengguna. Penggunaan fitur ini sama dengan fitur Favorit.
6. Ikuti (Follow)
Fitur ini merupakan salah satu fitur utama dari jejaring sosial Twitter. Untuk menambah teman para pengguna, maka pengguna harus menggunakan fitur ini. Cara penggunaan fitur ini adalah membuka profil pengguna yang akan diikuti lalu menekan tombol Ikuti.
7. Tidak Mengikuti (Unfollow)
Fitur ini merupakan kebalikan dari fitur sebelumnya. yaitu untuk tidak mengikuti pengguna yang sebelumnya telah diikuti oleh pengguna. Cara penggunaan fitur ini sama dengan fitur Ikuti, yaitu dengan membuka profil pengguna yang tidak ingin digunakan lagi lalu menekan fitur Tidak Ikuti.
8. Teman (friends)
Fitur ini digunakan untuk melihat para pengguna lain yang diikuti oleh pengguna. Fitur ini akan menampilkan lima profil akun yang diikuti oleh pengguna pada tiap halaman. Urutan tampilan profil akun yang diikuti ini adalah mulai dari yang terakhir diikuti oleh pengguna yang bersangkutan.
9. Pengikut (Followers)
Fitur ini digunakan untuk melihat pengguna pengguna lain yang mengkuti akun pengguna yang bersangkutan. Halaman yang ditampilkan untuk profil ini sama dengan tampilan halaman pada fitur Teman.
10. Fitur Tambahan
Unggah Foto (Upload Photo)
Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengunggah foto. Cara menggunakan fitur ini yaitu dengan menekan tombol fitur, selanjutnya dapat mengunggah dengan dua cara pertama mengambil foto atau mengakses foto yang tersimpan dari perangkat yang dipakai.
11. Ikon Ekspresi
Fitur ini memampukan pengguna untuk mempercantik pesan atau twit yang ingin disampaikan baik yang ditujukan kepada pengguna lain maupun yang tidak. Ikon ekspresi yang terdapat pada jejaring-jejaring lokal seperti Kaskus dan Parampaa Land. Fitur ini belum terdapat pada situs resmi jejaring sosial Twitter.
Manfaat :
1. Menambah Teman
2. Memperkenalkan/Menjual beli sebuah produk
3. Menambah wawasan
3. Facebook
Facebook adalah sebuah Web Jejaring sosial yang mempertemukan orang-orang diseluruh dunia, saat ini hampir semua pengguna internet di Indonesia atau bahkan di Dunia ini menggunakan atau memiliki account facebook, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Jejaring social ini telah membuat para penggunanya terjipnotis dan asiiik dengan aplikasi-aplikasi yang diberikan/disediakan, seperti melengkapi kekurangan jejaring social sebelumnya yang juga cukup banyak digunakan yaitu Friendster.
KELEBIHAN FACEBOOK :
Update status, disini kita bisa menulis apa saja yang sedang kita lakukan, kita rasakan, dimana keberadaan kita, bersama siapa, bahkan yang tidak bisa kita ungkapkan pada orang lain.
Comments, kita bisa mengomentari apa saja, entah itu status, foto, wall, notes teman kita. Tagging photo, biasanya para pengguna suka meng-upload berbagai fotonya ke dalam account mereka, sama halnya pada Friendster. Dalam facebook, selain meng-upload foto untuk bisa diperlihatkan, kita juga bisa menandai orang-orang yang ada dalam foto tersebut apabila orang tersebut menjadi teman dalam account facebook kita.
Notes & Tagging Notes, dalam notes kita bisa menuliskan apa saja seperti menceritakan sesuatu, dan notes teersebut bisa kita tandai sama seperti foto juga mengomentarinya.
Chat, pada jejaring social sebelumnya (Friendster) tidak terdapat aplikasi untuk chating (berinteraksi) melalui media text dengan teman yang juga menjadi teman dalam account kita.
Games, pada jejaaring social lain tidak disediakan aplikasi games dengan menggunakan account kita, tapi dalam facebook kita dapat memainkan games seperti poker (kartu), pet society, Farmville, mavia wars, dan lain-lain dengan menggunakan account facebook kita.
Group, group ini dapat kita buat sendiri sesuai dengan tujuan orang-orangnya. Maksudnya semua yang memiliki facebook dapat membuat sebuah group yang ditujukan kepada sebuah komunitas atau siapa saja yang inginbergabung untuk mendapatkan informasi tentang group tersebut. Misalnya saja seperti kelas yang memiliki sebuah group facebook, dalam group itu semua mahasiswa yang tergabung bisa memberi/share info apa saja mengenai kelas ataupun kampuss.
Fitur-fitur tersebutlah yang membuat para pengguna facebook betah untuk berlama-lama menggunakannya.
Menurut saya, kelebihan utama dari kepemilikan sebuah account facebook adalah kita bisa menemui kembali teman-teman lama kita, walaupun hanya didalam dunia maya, namun itu akan menjadi hubungan pertemanan yang berlanjut, dengan begitu kita bisa berkomunikasi kembali dengan mereka. Sedangkan,
KEKURANGAN FACEBOOK :
kekurangannya mungkin sebuah account facebook bisa dipalsukan oleh orang lain dengan info/data diri yang tidak benar sama skali yang mungkin akan merugikan orang yang accountnya dipalsukan. Lalu facebook ini bisa menyita waktu sang pemilik account untuk teruss menggunakan (kasarnya memebuat para pengguna terbuai dan tidak peduli dengan tugas/pekerjaannya, bagi para facebookers). Selain itu dari Facebook juga bisa menyebarkan berita yang tidak baik ataupun mengkomentari hal-hal yang berbau SARA, Pornografi, dll
4. Google+
Google+ adalah jejaring sosial baru yang diluncurkan oleh raksasa internet, google. Tentu saja hal ini dilakukan untuk mengikis dominasi Facebook yang sangat berjaya di dunia jejaring sosial dalam beberapa tahun ini. Google plus sebenarnya adalah usaha kesekian google untuk melawan facebook setelah sebelumnya mencoba menelurkan google wave, google buzz dan orgut namun hal tersebut sepertinya sia-sia karena respon pengguna internet sangat minim dan nampaknya masih lebih setia menggunakan facebook daripada produk-produk google tersebut.
Sebagai gambaran saja mungkin benar google plus akan menandingi ketenaran facebook dan menggantikan posisi facebook saat ini, jika kita lihat dari beberapa hal berikut :
1. Integrasi dengan layanan Google
2. Manajemen pertemanan yang lebih baik
3. Aplikasi mobile yang lebih baik
4. Lebih gampang menemukan hal untuk dibagi
5. Anda dapat mengambil kembali data Anda
6. Melabel foto lebih baik
7. Fitur obrolan grup yang mantap
8. Membagi konten lebih aman
9. Google lebih baik mengurusi data pribadi Anda
Menjalankan sebuah jejaring sosial, semuanya tentang tanggung jawab untuk mengurusi informasi pribadi pengguna. Facebook merupakan perusahaan muda yang bergerak cepat yang telah terbukti angkuh dalam pergerakannya, kurang begitu peduli kepada privasi data pengguna, dan mudah diakses orang lain. Di lain pihak, Google merupakan perusahaan yang jauh lebih matang yang terlihat jauh lebih terpercaya ketimbang Facebook. Sebagian besarnya, Google telah beroperasi berdasarkan slogannya “Jangan Menjadi Jahat”.
Sebelumnya, Google juga telah melempar produk baru seperti Google Wave dan Google Buzz yang ternyata tak laku di pasaran. Namun, dengan produk anyarnya menjadi andalan mereka :
· Circles. Fungsi ini bisa digunakan untuk memasukkan nama-nama teman ke dalam grup dan pengguna bisa berbagi konten dengan format berbeda di dalam lingkaran pertemanan ini.
· Hangouts. Ini adalah layanan conference lebih dari dua orang dengan video call.
· Huddle. Layanan ini menyediakan grup-grup di jejaring ini untuk mengirim pesan instan.
· Sparks. Fitur ini menghubungkan individu dalam jaringan ini kepada orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap suatu hal.
Saat ini versi Google+ baru bisa dinikmati oleh segelintir pengguna dan hanya bisa dinikmati lewat undangan dari pengguna yang sudah terdaftar. Tapi, Google berjanji secepatnya jejaring sosial ini bisa segera dinikmati oleh jutaan pengakses Google setiap harinya.
Menurut datacomScore, pada Mei tahun ini, sebanyak 180 juta orang mengunjungi situs Google termasuk YouTube. Angka ini memang lebih besar dari Facebook yang dikunjungi 157,2 juta orang. Namun, para Facebooker rata-rata menghabiskan waktu 375 menit. Adapun pengunjung Google hanya menghabiskan waktu 231 menit
5. Wikipedia
Banyak yang menyebut wikipedia sebagai ensiklopedi online. Dari halaman prihalnya terdapat keterangan bahwa Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.
Manfaat :
1. Menambah Wawasan
2. Bisa mengetahui hal yang tidak kita ketahui
Kelebihan:
1. Mudah digunakan. Aplikasi yang berbasi elektronik dan tampilan muka yang ramah bagi pengguna membuat wikipedia mudah untuk digunakan.
2. Mutakhir. Isi entri dari Wikipedia sangat mutakhir karena perkembangan terbaru di dunia ini dapat dengan cepat ditulis dan dimasukan ke dalam pangkalan data Wikipedia. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu sangat lama untuk memasukkan entri baru.
3. Kesalahan cepat diperbaiki. Karena bersifat bebas dan terbuka, jika pengguna menemukan kesalahan atau kekurangakuratan informasi yang terdapat pada sebauh entri di wikipedia, pengguna terbut dapat memperbaikinya secepat mungkin. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perbaikan, karena perbaikan entri baru dapat dilakukan ketika cetak ulang. Akan tetapi, banyak pihak yang menuduh hal ini sebagai kekurangan dari wikipedia, yaitu cepat berubah.
Kekurangan:
1. Kepengarangan yang tidak dikenal. http://anak-terdampar-dijakarta.webnode.com/news/berbagai-manfaat-dan-kekurangan-youtube/Kepengarangan sangat menentukan sebuah informasi, karena anda pasti akan memilih tulisan yang ditulis oleh orang yang benar-benar ahlinya. Sedangkan wikipedia tidak memberikan keterangan penulis.
2. Data tidak semuanya valid bisa dirubah oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Komentar
Posting Komentar